02:47
0
Manajemen merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem Administrasi Publik. Manajemen adalah penggerak administrasi publik, dan dapat diartikan bahwa manajemen adalah integrasi dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/evaluasi. Manajemen adalah suatu sistem, karena itulah jika satu subsistemnya kurang berperan dengan baik, akan terjadi mismanajemen.
Pekerjaan pimpinan adalah kompleks dan multidimensi dan membutuhkan berbagai keterampilan. Managerial skills yang diperlukan untuk mengelola sebuah departemen atau organisasi dapat diringkas dalam tiga kategori yaitu Conceptual, Human, dan Technical.

Conceptual Skills adalah kemampuan kognitif untuk melihat organisasi secara keseluruhan sistem dan hubungan di antara bagian-bagiannya. Human Skills adalah kemampuan manajer untuk bekerja dengan dan melalui orang lain dan bekerja effektif sebagai anggota kelompok. Technical Skills adalah pemahaman dan dan kecakapan dalam kinerja tugas-tugas tertentu.

Kegagalan pembangunan di Indonesia erat kaitannya dengan pola kepemimpinan di Indonesia. Pemimpin dengan leadership yang tinggi akan mampu untuk menentukan arah pertumbuhan yang tepat, membawa timnya mencapai sasaran dan produktif, mampu membangkitkan spirit kerja dan sinergi yang kuat, menciptakan budaya dan suasana kerja yang harmoni, menstimulasi timbulnya kreatifitas dan inovasi, dan sebagainya.

Contoh kegagalan pembangunan yang telah terjadi di Indonesia akibat pengaruh kepemimpinan adalah bahwa pemerintah pernah menyatakan pembangunan berhasil membawa Indonesia pada posisi sejajar dengan negara-negara maju dengan menjadi anggota G20.  Keberhasilan tersebut ditopang oleh keberhasilan Indonesia menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi sehingga melesatkan nilai produk domestik bruto dan tingkat pendapatan perkapita. Tapi, di bidang yang teramat penting, menyangkut kesejahteraan rakyat. Pemerintah ini telah gagal. Untuk menutupi kegagalan ini maka banyak terjadi kebohongan-kebohongan. Jika pemerintah menyatakan berhasil meningkatkan kesejahteraan umat dengan naiknya pendapatan perkapita, maka dari sisi realitas justru umat ditimpa berbagai kesulitan hidup dan kemiskinan tidak dapat dientaskan.