02:45
0
Di dalam manajemen pembangunan terdapat organisasi yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pembangunan itu sendiri.  Komponen dasar organisasi yang akan melaksanakan pembangunan antara lain, terdiri dari sumber daya manusia (people), teknologi (technology), prosedur kerja (task), dan struktur organisasi (organizational structure). Dari keempat komponen dasar tersebut, manusia (people) adalah komponen yang paling penting dan sangat mempengaruhi hasil pembangunan.

Perencanaan pembangunan juga merupakan bagian yang sangat penting dari managemen pembangunan. Perencanaan diperlukan karena kebutuhan pembangunan yang lebih besar dari sumber daya yang tersedia. Di dalam perencanaan terdapat proses perumusan kegiatan pembangunan secara efesien dan efektif dalam memanfaatkan sumber daya tersedia dan mengembangkan potensi yang ada dengan hasil yang optimal.

Perencanaan yang di dalamnya berisi anggaran ini memiliki fungsi sebagai pedoman dalam mengelola negara dalam periode tertentu, sebagai alat pengawasan dan pengendalian masyarakat terhadap kebijakan yang telah dipilih oleh pemerintah dan sebagai alat pengawasan masyarakat terhadap kemampuan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan yang telah dipilih.

Kegiatan pembangunan harus direncanakan terlebih dahulu karena perencanaan merupakan perwujudan dari pengelolaan keuangan negara, oleh karena itu harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien,ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab.

-    Perencanaan berhubungan dengan masa yang akan datang, implikasi: perencanaan sangat berkaitan dengan: proyeksi/prediksi, penjadwalan kegiatan, monitoring dan evaluasi.
-    Merencanakan berarti memilih: memilih berbagai alternatif tujuan  agar tercapai kondisi yang lebih baik, dan memilih cara/kegiatan untuk mencapai tujuan/sasaran dari kegiatan tersebut  
-    Perencanaan sebagai alat untuk mengalokasikan SDA, SDM, Modal : Sumber daya terbatas sehingga perlu dilakukan pengalokasian sumber daya sebaik mungkin, dan Konsekuensi: pengumpulan dan analisis data dan informasi mengenai ketersediaan sumber daya yang ada menjadi sangat penting.