19:46
0
Daun pepaya diketahui mengandung 35 mg/100 mg. Tocophenol. Daun pepaya muda juga diketahui banyak mengandung zat bernama alkaloid juga enzim papain. Enzim ini identik dengan getah berwarna putih kental. Fungsi dari enzim ini sendiri adalah untuk memecah protein sebab ia bersifat proteolitik. Pada daun pepaya yang sudah tua, senyawa yang dominan justru Fenolik. Daun pepaya mengandung 3 varian enzim yakni papain sebanyak 10%, Khimoprotein sebanyak 45% dan juga Lisozim sebanyak 20% per 100%. Enzim khimoprotein sendiri berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dengan poplipetida. Sementara itu enzim lisozim berperan sebagai anti-bakteri dan bekerja dengan cara memecah dinding sel pada bakteri.
Rasa pahit pada daun pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpainnya (C14H25NO2). Zat ini sangat ampuh digunakan sebagai penurun deman, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba seperti amuba. Daun pepaya juga kabarnya ampuh untuk mengobati penyakit semacam disentri, sipilis, beri-beri, asma, bisul dan penghilang noda.Sementara itu, kandungan enzim papain pada daun pepaya khususnya yang masih muda bisa melembutkan daging dab ampuh digunakan sebagai pemulih jaringan kulit yang luka karena jerawat ataupun luka bakar.

Mau yang coba resep daun pepaya? Yuk..!

BAHAN  :
350 gram daun pepaya 2 lembar daun salam 2 cm lengkuas, dimemarkan 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa 100 gram kelapa, dikupas lalu diparut kasar

BUMBU HALUS:
5 butir bawang merah · 3 siung bawang putih 3 buah cabai merah · 1 sendok teh terasi 1 sendok teh ketumbar · 1/2 sendok teh garam 1 sendok teh gula merah

CARA MEMBUAT :
1. Remas-remas daun pepaya, tambahkan 3 sendok makan garam sampai airnya keluar dan daun layu. Cuci bersih lalu rebus hingga matang.
2. Peras daun pepaya kemudian iris halus.
3. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas sampai matang. Masukkan kelapa parut, aduk hingga bumbu merata.
4. Tambahkan daun pepaya dan santan lalu masak sampai matang dan bumbu meresap.