Wanita hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi karena bayi yang dikandung menyerap apa yang dimakan oleh sang calon ibu. Jadi harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Contoh makanan sehat untuk ibu hamil muda serta paling aman untuk di konsumsi sehingga tidak membahayakan janin yang sedang dikandungnya.

1. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang banyak mengandung folat, serat dan karotenoid yang bagus untuk perkembangan janin, selain itu kandungan Potassium yang terkandung di Brokoli dapat menyetabilkan tekanan pada darah.

2. Daging.
Mengkonsumi daging tentulah menjadi makanan sehat buat ibu hamil muda karena kandungan daging mengandung Vitamin B12,B6 dan Niacin karena akan membantu perkembangan otak baik bayi maupun bunda. Tetapi perlu menjadi catatan, saat mengkonsumsi daging, diusahakan daging benar-benar di rebus hingga bakteri berbahaya dapat hilang dengan sempurna.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sangat baik di konsumsi terlebih untuk ibu hamil seperti kacang hijau, kacang merah, lentil, chickpeas, kedelai maupun kacang tanah karena banyak vitamin dan zat yang bagus untuk tubuh seperti kalsium, protein, zat besi dan zinc yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang pada bayi

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak serta perkembangan sistem saraf pada janin. Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang dibutuhkan janin. Selain itu, alpukat bermanfaat dalam menjaga kelancaran saluran pencernaan. Sehingga ibu hamil dapat terhindar dari yang namanya sembelit.

5. Wortel

Wortel yang umumnya dikenal untuk kesehatan mata ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi bayi. Wortel biasanya juga dijadikan cemilan oleh ibu hamil, agar lebih nikmat wortel juga bisa dihidangkan dengan berbagai jenis makanan lainya.


6. Telur dengan DHA

Alasan yag menjadikan makanan ini baik adalah kandungan protein dan kalorinya yang rendah. Sementara DHA merupakan asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu lemak baik untuk kehamilan. Seperti diketahui omega-3 sangat bermanfaat pembentukan jaringan retina dan otak pada bayi.

7. Mangga

Banyak dari ibu hamil yang ngidam mangga, jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Mangga memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, mangga juga tinggi kalium, yang mana Kalium berfungsi untuk mencegah dan meredakan kram pada ibu hamil.

8. Kacang Merah dan Jenis Kacang-Kacangan

Kacang merah serta jenis Kacang-kacangan lainya mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil seperti mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk ibu dan janin selama masa kehamilan.

10. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun sering di anggap sebagai Minyak ajaib. Minyak ini sangat kaya akan lemak tak jenuh dan vitamin E yang baik bagi ibu dan bayi. Agar konsumsi minyak Zaitun lebih nikmat dan tidak semata-mata dikonsumsi begitu saja, bumil bisa menambahkan pada salad, bisa juga dijadikan sebagai pengganti minyak goreng.

Untuk asupan gizi yang lain, alangkah baiknya saat pada masa kehamilan muda konsultasikan ke dokter kandungan sehingga nutrisi, gizi ataupun hal lain yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi serta kesehatan sang ibu. Berikan yang terbaik untuk bayi anda sehingga kelak tumbuh menjadi anak yang sehat.